Selasa, 20 Juni 2017

Tips Mengoptimalkan Efisiensi Warehouse Tangerang


Tips Efisiensi Warehouse
Sistem pergudangan atau warehouse Tangerang adalah salah satu aktivitas dalam tujuan mencapai misi logistik. Misi logistik itu sendiri terdiri atas right place, right goods, dan right time. Sebenarnya masih ada banyak lagi aktivitas yang saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan untuk mencapai misi tersebut. Adapun istilah pergudangan meski sering dikonotasikan negatif namun sebenarnya memiliki peran penting yang memiliki dampak pada proses selanjutnya dalam perusahaan.

Proses logistik efisien sudah pasti akan berdampak pada kenaikan profit perusahaan Anda. Dimana logistik begitu erat dengan beberapa hal seputar cara pendistribusian, waktu pendistribusian, dan ketepatan waktu hingga tidak adanya keluhan dari pelanggan. Singkatnya manajemen proses logistik bukan hal yang mudah. Dibutuhkan tenaga ahli dan berpengalaman jika Anda tidak ingin ambil pusing sendirian. Namun, sebenarnya tidak sulit pula bila Anda ingin mempelajari agar proses logistik lebih efisien. Misalnya dengan mengaplikasikan beberapa tips berikut ini:

Menghemat Biaya Transportasi
Pastilah ada peningkatan untuk biaya operasional setiap tahunnya. Demikian pula dengan biaya transportasi. Adapun melakukan penekanan biaya dibutuhkan agar Anda bisa berhemat dan berinvestasi di bagian lain. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti eksperimen dengan kemasan yang lebih kecil, investasi kendaraan hemat bahan bakar, pengepakan seefisien mungkin, dan strategi loading barang serta perencanaan rute distribusi terbaik dari warehouse Tangerang.

Mungkin beberapa hal tersebut tidak semuanya bisa Anda lakukan sekaligus. Untuk permulaan Anda bisa memulai dengan menganalisa kelemahan yang dimiliki. Kemudian bidik strategi yang lebih pas digunakan. Tidak ada salahnya menghubungi perusahaan logistik berpengalaman untuk meminta bantuan.

Memaksimalkan Penataan Gudang
Sebenarnya penataan gudang adalah masalah klasik yang umum dihadapi pemilik gudang. Sayangnya tidak semua manager paham apa yang harus dilakukan. Sebenarnya melakukan penataan kembali penggunaan ruang di gudang bisa membantu Anda menghemat banyak biaya. Terlebih untuk mengecek dead stock yang ternyata dibiarkan begitu saja di dalam gudang.

Memaksimalkan ruang tidak cukup dengan menempatkan stock di tempat yang tepat atau memperpendek jarak penempatan barang. Akan tetapi, Anda perlu mengatur stock yang cepat laku dan tidak.

Hanya saja perlu disadari. produk yang sekarang tengah naik daun belum tentu akan tetap populer beberapa bulan yang akan datang. Anda bisa mengatasinya dengan memiliki pencatatan warehouse Tangerang yang baik sehingga bisa menempatkan setiap produk secara tepat.

Pemanfaatan Teknologi Baru
Sekarang ini sudah banyak produk aplikasi manajemen gudang dan logistik. Aplikasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan efisiensi gudang serta membantu komunikasi antar beberapa departemen atau bagian berbeda.

Komunikasi antar departemen jelas amat penting. Komunikasi yang baik dibutuhkan supaya proses supply chain dapat tetap terjaga. Bila Anda masih belum memanfaatkan teknologi online, maka sekarang ini waktu yang tepat untuk mencobanya.


Mau Mendengar Saran dari Para Pegawai
Jangan pernah malu atau sungkan menanyakan pendapat dari para pegawai. Mereka adalah orang-orang kepercayaan Anda yang selalu berada stand by di lapangan setiap hari. Sehingga bisa dibilang merekalah yang paling mengerti kondisi langsung di gudang. Tentunya terkait masalah-masalah apa saja yang terjadi.

Dengan mau mendengar keluhan ataupun saran dari pegawai Anda memiliki kesempatan untuk mampu menyelesaikan masalah di lapangan secara cepat. Khususnya yang berkaitan dengan proses logistik di warehouse Tangerang Anda seperlu mendapat hasil yang lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar