Jumat, 23 Juni 2017

Mengenal Apa Itu Gudang atau Warehouse Tangerang


Definisi Gudang atau Warehouse
Gudang atau warehouse Tangerang mungkin lebih dikenal sebagai tempat untuk menyimpan barang. Jangan memandang gudang sebelah mata. Tempat yang sekilas berarti negatif ini bisa pula didefinisikan sebagai fasilitas khusus yang bersifat tetap. Yakni suatu ruang yang didesain khusus untuk mendukung upaya pencapaian target tingkat pelayanan dengan total biaya paling minim. Tempat yang berkaitan dengan proses pergudangan seperti material handling atau storage.

Dari definisi tersebut gudang memiliki kriteria tertentu. Kriteria yang mampu menunjukkan bahwa bangunan dalam aliran logistik tidak sekedar bangunan untuk menyimpan barang secara asal. Banyak kriteria yang mesti dipertimbangkan dalam pembangunan gudang yang memenuhi stadar. Sebut saja mulai dari tata letak, jumlah demand atau permintaan, fasilitas pendukung, jenis gudang, dan masih banyak lagi.

Sebuah perusahaan ternama biasanya pun memiliki warehouse Tangerang dengan sistem pergudangan yang cukup kompleks melibatkan teknologi canggih. Jadi bukan gudang seperti di rumah-rumah pada umumnya yang cenderung identik dengan ruang gelap, pengap, dan kotor.

Tujuan Pendirian Gudang
Keberadaan gudang sangat dibutuhkan dalam korodinasi penyaluran barang sebagai hasil dari kurang seimbangnya proses penawaran (supply) dan permintaan (demand). Kondisi tidak seimbangnya penawaran dan permintaan itulah yang mendorong kebutuhan akan persediaan (inventori). Faktanya persediaan membutuhkan ruang khusus untuk menyimpan sementara waktu. Ruang inilah yang selanjutnya dikenal sebagai gudang.

Dalam siklus logistik ada banyak alasan yang mendasari mengapa gudang sangat dibutuhkan. Berikut beberapa diantaranya:

Transportation – Production Cost Reduction
Warehouse Tangerang memiliki peran vital dalam mengendalikan dan memangkas biaya transportasi serta produksi perusahaan. Dimana gudang akan membantu menekan total biaya seminim mungkin. Sebagai contoh pembelian barang dalam skala tertentu misal dengan jumlah di bawah kapasitas muatan kendaraan angkut tentu membuat biaya angkut melambung tinggi. Tingginya biaya tersebut mesti ditanggung oleh nilai barang tiap unitnya.

Adapun untuk memangkas biaya tiap unit angkutan paling tidak harus membeli sesuai dengan kapasitas kendaraan angkutan. Dengan demikian didapat biaya per unit relatif paling ringan. Akan tetapi di sisi lain ada konsekuensi munculnya persediaan karena pembelian berlebih.

Coordination of Supply and Demand
Salah satu fungsi gudang yaitu untuk unsur koordinasi antara penawaran dan juga permintaan. Volume permintaan yang tidak dapat diproyeksi secara akurat, sementara produksi harus tetap dilakukan. Guna menghasilkan volume tertentu permintaan pasar bisa fluktuatif sedangkan produksi akan menghasilkan volume relatif tetap. Karenanya dibutuhkan gudang untuk tempat penyimpanan saat volume produksi tinggi dan permintaan rendah.

Production Needs
Produksi barang dengan karakter tertentu memerlukan gudang seperlu memangkas biaya produksi atau melengkapi produksi proses akhir. misalnya untuk barang yang membutuhkan waktu simpan supaya mendapat barang dengan kualitas sempurna seperti anggur ataupun keju. Barang-barang jenis lain yang membutuhkan gudang pada proses akhir diantaranya barang-barang yang mesti dirakit agar terbentuk menjadi barang yang sempurna.

Marketing Considerations
Barang jenis tertentu diharuskan selalu tersedia di pasar. Supaya stok barang di pasar tidak habis yang menyebabkan ketimpangan harga dibutuhkan gudang. Yakni warehouse Tangerang yang berlokasi relatif dekat dengan pasar atau toko. Sehingga dalam hal ini gudang berperan penting sebagai tempat tercepat dalam proses pendistribusian.

Ada banyak manfaat gudang bagi siklus logistik. Berdasarkan keberadaannya gudang memiliki dua manfaat utama yakni manfaat waktu dan bentuk. Adapun yang dimaksud manfaat waktu yaitu barang akan memberi keuntungan lebih bila disimpan di gudang lalu didistribusikan ke pasar pada waktu yang tepat. Sementara manfaat bentuk berarti bila barang disimpan di warehouse Tangerang untuk menunggu perakitan agar didapat bentuk yang lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar