Sabtu, 01 Juli 2017

Pertimbangan Umum Memilih Warehouse Tangerang Sesuai Standar


Memilih Warehouse Sesuai Standar
Pemilihan desain warehouse Tangerang dan manajemen gudang sebenarnya bergantung dari tujuan serta operasional perusahaan. Meski pada umumnya terdapat dasar pemilihan jenis gudang yang ingin digunakan, seperti:

1. Jenis dan Karakteristik Barang
Apa jenis dan bagaimana karakteristik barang yang akan disimpan di gudang adalah hal utama yang mesti Anda perhatikan. Umumnya jenis barang dibedakan menjadi 2 yakni food items (makanan) dan non food items (bukan makanan). Bisa jadi di gudang Anda akan menyimpan keduanya.

Apapun jenisnya kenali karakteristik barang yang disimpan di warehouse Tangerang. Berikut poin-poin lebih jelasnya:
  • Volume barang: volume barang bisa berupa kubikasi atau tonase.
  • Frekuensi dan ukuran barang: banyak sedikitnya jumlah barang lengkap dengan besar kecilnya yang masuk atau keluar gudang.
  • Lingkungan dan kondisi gudang: dibutuhkan lingkungan kondusif yang memastikan tidak adanya risiko kerusakan atau penurunan kualitas selama barang di simpan di dalam gudang.
  • Sensitivitas suhu: pemahaman akan pengaturan suhu apakah jenis barang yang disimpan membutuhkan temperatur khusus agar tetap dalam kondisi bagus.
  • Kategori barang: hal ini berkaitan dengan status barang apakah termasuk barang berbahaya atau tidak.
2. Jumlah Barang yang Disimpan
Jumlah barang yang disimpan ini berkaitan dengan perhitungan luas tempat di gudang yang dibutuhkan. Untuk mendapat perhitungan tepat ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan. Diantaranya mencakup ukuran dan berat barang termasuk kemasan, jenis kemasan, dan perlu tidaknya tempat khusus untuk memasang kemasan baru, label, atau lainnya.

3. Waktu Penyimpanan Barang
Waktu penyimpanan ini perlu diperhatikan benar. Terlebih untuk penyimpanan barang dengan masa kadaluwarsa. Untuk barang dengan daya tahan singkat lebih baik tidak distok dalam jumlah banyak. Hal ini penting seperlu menekan kerugian akibat barang yang sudah busuk atau basi sebelum digunakan. Karenanya dibutuhkan sistem penataan yang bagus dan fleksibel pula. Sehingga penggunaan barang bisa berjalan apik. Dimana barang bisa digunakan sesuai urutan kedatangannya. Hal ini agar barang yang baru tidak habis lebih dulu dibanding stok barang lama.

4. Peraturan Daerah yang Berlaku
Dalam pemilihan warehouse Tangerang sudah seharusnya juga mempertimbangkan peraturan berlaku. Dimana peraturan yang dimaksud sesuai dengan peraturan daerah. Dalam hal ini tidak menutup kemungkinan daerah yang satu memiliki peraturan berbeda dibanding daerah lain. Peraturan yang dimaksud cukup bermacam misalnya menyangkut tenaga kerja, keselamatan dan kesehatan pekerja, penyimpanan barang kategori berbahaya, dan lainnya.

5. Lokasi Gudang Strategis
Lokasi gudang turut berpengaruh pada besar kecilnya provit perusahaan yang didapat. Dimana untuk mengoptimalkan provit sebaiknya Anda memilih lokasi gudang strategis. Lokasi gudang sebaiknya mudah diakses kendaraan terutama truk atau mobil muatan. Lokasi gudang yang denkat dengan toko atau pabrik juga bagus. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hanya saja idealnya lokasi gudang yang baik adalah yang mampu menekan total waktu yang harus ditempuh barang baik dari sumber distributor atau tujuan pasar.

6. Kondisi Gudang
Kondisi warehouse Tangerang yang dipilih harus baik. Memiliki ventilasi memadai, tidak ada bocor, tidak ada lubang, atau kerusakan kecil lainnya. Lebih utama memilih ruangan gudang yang luas dan rata. Idealnya gudang memiliki lantai dari bahan beton yang stabil. Sehingga mampu menopang berat barang yang disimpan dalam jumlah besar. Gudang yang luas sekiranya juga memungkinkan untuk kendaraan besar masuk sehingga memudahkan pemindahan barang.

7. Keamanan Gudang
Keamanan ini mencakup cukup banyak faktor. Terutama tentang keamanan barang yang disimpan di dalam gudang. Apakah ada risiko barang atau peralatan rusak akibat serangan rayap atau sabagainya. Untuk jenis barang food sekiranya dibutuhkan desinfeksi atau fumigasi oleh tenaga ahli. Dalam hal ini dibutuhkan parameter keamanan bangunan gudang dan lingkungan yang dapat memberi perlindungan untuk semua isi gudang.

8. Fasilitas Gudang
Adanya fasilitas gudang yang memadai tentu sangat membantu. Fasilitas standar yang sebaiknya ada diantaranya air, listrik, dan saluran telepon di warehouse Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar